Pages

Thursday, February 7, 2019

Jangan Ganggu Produktivitas, Ini Aturan Main Mendengarkan Musik Sambil Bekerja

Jangan Ganggu Produktivitas, Ini Aturan Main Mendengarkan Musik Sambil Bekerja

Jangan Ganggu Produktivitas, Ini Aturan Main Mendengarkan Musik Sambil Bekerja (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Sebagian orang memiliki kebiasaan bekerja sambil mendengarkan musik. Hal ini disebabkan karena musik dianggap bisa menambah motivasi sekaligus konsentrasi.

Menurut Dr. Amit Sood, seorang dokter pengobatan terpadu Mayo Klinic, suara merdu membantu mendorong pelepasan dopamin di area otak. Hormon ini membantu Anda merasa nyaman dan senang.

Dampak mendengarkan musik, menurut Dr Sood, sama dengan ketika menikmati makanan lezat, melihat sesuatu yang menarik, atau mencium aroma yang menyenangkan. Itu sebabnya, musik dapat menambah semangat saat bekerja.

Dalam beberapa penelitian, disebutkan juga bahwa mendengarkan musik dapat bermanfaat di tempat kerja. Simone Ritter dari Radboud University di Belanda, dan Sam Ferguson dari University of Technology di Australia menyimpulkan bahwa mendengarkan musik yang menyenangkan membantu meningkatkan proses berpikir kreatif.

Studi lain yang dilakukan di University of Miami juga menyarankan bahwa orang yang mendengarkan musik menyelesaikan tugas lebih cepat dan memberikan ide yang lebih baik daripada mereka yang tidak.

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan yang terjadi sebaliknya. Musik yang tidak tepat justru dapat membuat kreativitas terhambat. Maka perlu diperhatikan beberapa hal berikut ini agar mendengarkan musik saat bekerja benar memberi dampak positif. 

(Depositphotos)

(Depositphotos)

1. Pilih yang tidak rumit

Musik yang rumit atau lirik yang tidak terdengar jelas disebut dapat mengganggu konsentrasi saat bekerja. Sebab, pendengar akan merasa penasaran dan memilih berfokus pada pesan lagu atau liriknya.

2. Musik sudah dikenal

Mendengar musik yang sudah dikenal akan lebih baik. Menurut para peneliti, lagu yang baru pertama kali didengar akan membuat perhatian Anda terpusat pada lagu tersebut sehingga tidak fokus bekerja.

3. Musik menenangkan

Alih-alih musik yang keras dan bernada tinggi, mendengarkan musik yang menenangkan, seperti musik klasik, yang tidak memiliki banyak lirik atau yang memiliki suara alami akan lebih bermanfaat. 

4. Mendengar musik bernada riang

Ini khusus untuk Anda yang tidak suka mendengar musik sambil bekerja. Anda dapat memilih mendengar musik bernada riang atau menggembirakan sebelum memulai bekerja atau saat istirahat. Menurut penelitian, ini akan membantu Anda menghilangkan stres dan dapat memotivasi diri.

Namun, mendengarkan musik saat bekerja tidak dapat dinikmati semua orang. Terlepas dari semua penelitian yang ada, banyak orang lebih produktif saat bekerja dalam keheningan.

TEMPO.CO

Rekomendasi

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2MSbjZ4
February 08, 2019 at 09:00AM from Berita Gosip Terbaru Hari ini, Kabar Artis Terkini - Tabloidbintang.com http://bit.ly/2MSbjZ4
via IFTTT

No comments:

Post a Comment